Pengikut

Selasa, 14 Oktober 2014

RPP



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
 TEMATIK

Nama Sekolah               :   SD Negeri 1 Kebumen
Kelas / Semester            :   V ( Lima ) / 2 (Dua)
Tema / Subtema            :   Lingkungan Sahabat Kita / Manusia dan Lingkungan
Pembelajaran ke            :   1
Alokasi Waktu              :   4 x 35 menit ( 1 x pertemuan)

A.    Kompetensi Inti
KI 1
:
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya
KI 2
:
Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.
KI 3
:
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI 4
:
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.     Kompetensi Dasar
IPA
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan lingkungan.



Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.

C.    Indikator
IPA
3.4.1        Menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap perubahan yang terjadi di alam (C2)

Bahasa Indonesia
3.1.1        Membaca teks tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia (C1)
4.1.1        Menuliskan informasi dari teks tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia (C1)

D.    Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat mengidentifikasi pengaruh kegiatan manusia terhadap alam melalui membaca teks tentang alam dengan benar.
2.      Siswa dapat menuliskan informasi dari teks tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia melalui memahami teks tentang alam dengan benar.
3.      Siswa dapat menjelaskan pengaruh kegiatan manusia terhadap perubahan yang terjadi di alam melaui diskusi dengan benar.
4.      Siswa dapat menuliskan informasi dari bacaan tentang permasalahan terganggunya keseimbangan alam akibat ulah manusia melalui diskusi dengan tepat.
v Karakter siswa yang diharapkan : Religius, kerjasama, perhatian, rasa ingin tahu, aktif, kreatif, disiplin, menghargai, tanggung jawab, teliti.

E.     Alokasi Waktu
4 x 35 menit

F.     Materi Ajar
IPA                        : Materi tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap perubahan yang terjadi di alam, gambar tentang lingkungan alam.
Bahasa Indonesia   : Teks bacaan tentang alam.

G.    Pendekatan, Model dan Metode Pembelajaran
Pendekataan          : Scientific
Model                    : Kooperatif
Metode                  : Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab
    
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Alokasi waktu
Karakter
1.    Pendahuluan
a.    Guru mempersiapkan materi ajar dan media.
b.   Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
c.    Siswa memimpin berdoa untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
d.   Guru mempresensi siswa.
e.    Guru melakukan apersepsi :  Pada pertemuan sebelumnya kalian sudah mempelajari tentang cara memelihara ekosistem, masih ingatkah apa saja cara memelihara ekosistem ?”
“Ya, cara tersebut yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan, menanam pohon sebanyak-banyaknya dan membuat banyak taman terbuka untuk serapan air.
f.    Guru mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari : ”anak-anak, coba apa saja yang sudah kalian lakukan untuk memelihara ekosistem ? nah...jika kalian tidak memelihara ekosistem, apa yang terjadi pada lingkungan kalian ?
g.   Guru memotivasi siswa : ”anak-anak kita sebagai makhluk hidup wajib menjaga lingkungan alam kita supaya tetap asri, nyaman dan indah di pandang.
h.   Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan.
10 menit)

Tanggung jawab
Religius

Religius

Disiplin
Rasa ingin tahu dan Perhatian







Rasa ingin tahu dan Perhatian



Tanggung jawab dan Perhatian


Tanggung jawab dan Perhatian
2.  Kegiatan Inti
a.    Guru menunjukkan gambar yang berkaitan dengan lingkungan alam.
b.    Siswa mengamati gambar tersebut.
c.    Guru bertanya jawab dengan siswa untuk memberikan tanggapan terhadap gambar tersebut.
d.   Guru menjelaskan apa yang ada di gambar.
e.    Kemudian guru membagikan beberapa tulisan kepada siswa tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap perubahan yang terjadi di alam dan siswa diminta untuk maju mengelompokkan kedalam tabel kegiatan.
f.     Guru menjelaskan gambar yang sudah ditempelkan oleh siswa.
g.    Kemudian Guru membagi kelas menjadi 2 kelompok besar.
h.    Setiap kelompok diminta membaca  dan menuliskan informasi dari teks bacaan “Mengapa Jakarta Setiap Tahun Banjir” dan dibagikan beberapa gambar beserta pertanyaan diskusi.
i.      Kemudian siswa menuliskan informasi yang telah dibaca dari teks bacaan pada lembar mind map yang telah disediakan. kemudian dari membaca teks bacaan tersebut, siswa menjawab pertanyaan diskusi dari mengamati gambar.
j.      Setelah selesai perwakilan kelompok maju kedepan kelas untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
k.      Siswa dan guru bertanya jawab membahas hal yang ingin diketahui siswa.
l.        Guru menjelaskan dan meluruskan tentang materi yang sudah dibahas.
(±120 menit)

Kreatif

Rasa ingin tahu
Perhatian, aktif,  kreatif,dan
Perhatian
Aktif dan kreatif
aktif, dan kreatif


Rasa ingin tahu

Tanggungjawab

Kerjasama,
Teliti, dan Disiplin
Aktif dan tanggung jawab

Teliti, Aktif, Kreatif dan Tanggungjawab



Aktif, kreatif, Tanggungjawab

Rasa ingin tahu,

Tanggung jawab

3.       Penutup
a.    Siswa bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b.   Guru menutup pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut berupa PR dan menutup pelajaran dengan berdoa.
10 menit)

Disiplin

Tanggung jawab
Perhatian
Religius

I.     Media/Alat dan Sumber Belajar
Media/Alat :
Gambar tentang lingkungan alam, Teks bacaan “Mengapa Jakarta setiap tahun banjir?” dan LKS.

Sumber :
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Tema Lingkungan Sahabat Kita. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI. Halaman 1-9.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Tema Lingkungan Sahabat Kita. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI. Halaman 5-19.

J.    Penilaian
Prosedur penilaian : Penilaian proses dan akhir
1.    Penilaian proses (menilai sikap dan proses)
Melalui penilaian aktivitas siswa saat mengerjakan tugas baik individu maupun diskusi.
2.    Penilaian akhir
Melalui penilaian tertulis dengan bentuk soal uraian (Individu).




Semarang, 27 September 2014




Mengetahui,
Kepala Sekolah                                                                       Guru Kelas V


Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd                                                  Wiwik Ruwiyati
NIP.                                                                                        NPM.12120008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar