RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
TEMATIK
Nama
Sekolah : SD Negeri 1 Kebumen
Kelas / Semester : V ( Lima )
/ 2 (Dua)
Tema
/ Subtema : Lingkungan
Sahabat Kita / Manusia
dan Lingkungan
Pembelajaran
ke : 1
Alokasi Waktu :
4 x 35 menit ( 1 x pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti
KI 1
|
:
|
Menerima, menjalankan dan
menghargai ajaran agama yang dianutnya
|
KI 2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggungjawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi
dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
KI 3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual
dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
|
KI 4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual
dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang
mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
|
B.
Kompetensi
Dasar
IPA
3.4 Mengidentifikasi perubahan yang terjadi di alam, hubungannya
dengan penggunaan sumber daya alam, dan pengaruh kegiatan manusia terhadap keseimbangan
lingkungan.
Bahasa Indonesia
3.1 Menggali informasi dari teks laporan buku tentang
makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan ekosistem, serta
alam dan pengaruh kegiatan manusia dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
4.1 Mengamati, mengolah, dan menyajikan teks laporan
buku tentang makanan dan rantai makanan, kesehatan manusia, keseimbangan
ekosistem, serta alam dan pengaruh kegiatan manusia secara mandiri dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku.
C.
Indikator
IPA
3.4.1
Menjelaskan
pengaruh kegiatan manusia terhadap perubahan yang terjadi di alam (C2)
Bahasa Indonesia
3.1.1
Membaca teks
tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia (C1)
4.1.1
Menuliskan
informasi dari teks tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia (C1)
D.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat
mengidentifikasi pengaruh kegiatan manusia terhadap alam melalui membaca teks
tentang alam dengan benar.
2.
Siswa dapat
menuliskan informasi dari teks tentang alam dan pengaruh kegiatan manusia
melalui memahami teks tentang alam dengan benar.
3.
Siswa dapat menjelaskan
pengaruh kegiatan manusia terhadap perubahan yang terjadi di alam melaui
diskusi dengan benar.
4.
Siswa dapat menuliskan
informasi dari bacaan tentang permasalahan terganggunya keseimbangan alam
akibat ulah manusia melalui diskusi dengan tepat.
v Karakter
siswa yang diharapkan : Religius, kerjasama, perhatian, rasa ingin tahu,
aktif, kreatif, disiplin, menghargai, tanggung jawab, teliti.
E.
Alokasi
Waktu
4
x 35 menit
F.
Materi
Ajar
IPA : Materi tentang pengaruh kegiatan manusia terhadap
perubahan yang terjadi di alam, gambar tentang lingkungan alam.
Bahasa Indonesia :
Teks bacaan tentang alam.
G. Pendekatan,
Model dan Metode
Pembelajaran
Pendekataan :
Scientific
Model :
Kooperatif
Metode :
Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab
H. Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Alokasi waktu
|
Karakter
|
1. Pendahuluan
a. Guru
mempersiapkan materi ajar dan
media.
b. Guru
membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
c. Siswa
memimpin berdoa untuk mengawali kegiatan pembelajaran.
d. Guru
mempresensi siswa.
e. Guru
melakukan apersepsi : “Pada pertemuan sebelumnya kalian sudah
mempelajari tentang cara memelihara
ekosistem, masih ingatkah apa saja cara memelihara ekosistem ?”
“Ya, cara tersebut yaitu dengan tidak membuang
sampah sembarangan, tidak menebang pohon sembarangan, menanam pohon
sebanyak-banyaknya dan membuat banyak taman terbuka untuk serapan air.
f.
Guru mengaitkan dengan kehidupan sehari-hari : ”anak-anak, coba apa saja
yang sudah kalian lakukan untuk memelihara ekosistem ? nah...jika kalian
tidak memelihara ekosistem, apa yang terjadi pada lingkungan kalian ?
g.
Guru memotivasi siswa : ”anak-anak kita sebagai makhluk hidup wajib
menjaga lingkungan alam kita supaya tetap asri, nyaman dan indah di pandang.
h.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan kompetensi yang diharapkan.
|
(±10
menit)
|
Tanggung jawab
Religius
Religius
Disiplin
Rasa
ingin tahu dan Perhatian
Rasa
ingin tahu dan Perhatian
Tanggung
jawab dan Perhatian
Tanggung
jawab dan Perhatian
|
2. Kegiatan
Inti
a. Guru menunjukkan gambar yang berkaitan
dengan lingkungan alam.
b. Siswa mengamati gambar tersebut.
c. Guru
bertanya jawab dengan siswa untuk memberikan tanggapan terhadap gambar
tersebut.
d. Guru
menjelaskan apa yang ada di gambar.
e. Kemudian
guru membagikan beberapa tulisan kepada
siswa tentang pengaruh
kegiatan manusia terhadap perubahan yang terjadi di alam dan siswa diminta untuk maju mengelompokkan kedalam tabel kegiatan.
f.
Guru menjelaskan gambar yang sudah
ditempelkan oleh siswa.
g. Kemudian Guru membagi kelas menjadi 2
kelompok besar.
h. Setiap kelompok diminta membaca dan menuliskan informasi dari teks bacaan
“Mengapa Jakarta Setiap Tahun Banjir” dan dibagikan beberapa gambar beserta
pertanyaan diskusi.
i.
Kemudian siswa menuliskan informasi yang telah dibaca
dari teks bacaan pada lembar mind map yang telah disediakan. kemudian dari
membaca teks bacaan tersebut, siswa menjawab pertanyaan diskusi dari
mengamati gambar.
j.
Setelah selesai perwakilan kelompok maju kedepan kelas
untuk mempresentasikan hasil diskusinya.
k.
Siswa dan guru bertanya jawab membahas hal yang ingin
diketahui siswa.
l.
Guru menjelaskan dan meluruskan tentang materi yang
sudah dibahas.
|
(±120 menit)
|
Kreatif
Rasa
ingin tahu
Perhatian, aktif,
kreatif,dan
Perhatian
Aktif
dan kreatif
aktif,
dan kreatif
Rasa
ingin tahu
Tanggungjawab
Kerjasama,
Teliti,
dan Disiplin
Aktif dan
tanggung jawab
Teliti, Aktif, Kreatif dan Tanggungjawab
Aktif, kreatif, Tanggungjawab
Rasa
ingin tahu,
Tanggung
jawab
|
3. Penutup
a. Siswa
bersama guru menyimpulkan materi pembelajaran.
b. Guru
menutup pembelajaran dengan memberikan tindak lanjut berupa PR dan menutup pelajaran dengan berdoa.
|
(±10
menit)
|
Disiplin
Tanggung
jawab
Perhatian
Religius
|
I. Media/Alat dan Sumber Belajar
Media/Alat
:
Gambar tentang lingkungan alam, Teks bacaan “Mengapa Jakarta setiap
tahun banjir?” dan LKS.
Sumber
:
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Tema Lingkungan Sahabat Kita. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Buku Siswa SD/MI. Halaman 1-9.
Kementrian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2013. Tema Lingkungan Sahabat Kita. Buku Tematik Terpadu
Kurikulum 2013. Buku Guru SD/MI. Halaman
5-19.
J.
Penilaian
Prosedur
penilaian : Penilaian proses dan akhir
1. Penilaian
proses (menilai sikap dan proses)
Melalui penilaian
aktivitas siswa saat mengerjakan tugas baik individu maupun diskusi.
2. Penilaian
akhir
Melalui penilaian
tertulis dengan bentuk soal uraian (Individu).
Semarang, 27 September 2014
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru
Kelas V
Ferina Agustini, S.Pd., M.Pd Wiwik
Ruwiyati
NIP. NPM.12120008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar