1.
Nama
Sekolah : SD Negeri Adiluhur
Mata
Pelajaran : Penjasorkes
Materi
Permainan : Estafet Egrang Bathok
Kelas
/ Semester : IV / 1
Alokasi
Waktu : 2 x 35 Menit
I.
Langkah-langkah
Pembelajaran
A.
Pendahuluan
1. Guru
mengucapkan salam.
2. Guru
memimpin berdoa
3. Guru
mempresensi siswa.
4. Guru
Memberikan apersepsi : “Siapa yang dirumah sering bermain ? permainan apa saja
yang pernah kamu mainkan ? coba sebutkan macam-macam permainan yang kamu
ketahui”.
5. Guru
memotivasi siswa dengan cara melakukan pemanasan terlebih dahulu. Misalnya
berlari atau menggerakkan anggota tubuhnya terlebih dahulu.
6. Siswa
memperoleh tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.
B.
Kegiatan
Inti
1. Siswa
mendengarkan penjelasan guru tentang permainan tradisional yaitu “estafet
egrang bathok” ( Eksplorasi )
2. Siswa
aktif bertanya tentang tata cara permainan “estafet egrang bathok”
( Eksplorasi )
3. Guru
menjelaskan langkah-langkah untuk melakukan permainan “estafet egrang bathok” (
Elaborasi )
Langkah-langkah
permainan Estafet Egrang Bathok :
a. Siswa
membentuk kelompok, setiap kelompok bisa
2 atau 3 orang.
b. Setelah
membentuk kelompok, siswa menempatkan posisi masing-masing.misalnya 1 kelompok
terdiri dari 3 siswa, siswa pertama menempatkan posisi di garis start, siswa
kedua menempatkan posisi kedua di depan pemain pertama dengan jarak 10 meter
dan begitu juga dengan pemain ketiga yang sekaligus pemain terakhir, yaitu
menempatkan posisi di depan pemain kedua dengan jarak 10 meter dan bertugas
melanjutkan permainan ke garis finish.
c. Permaiana
dimulain ketika peluit dibunyikan.
d. Permainan
dimulai dari pemain pertama yang berada di garis start, lari menuju pemain
kedua dengan menggunakan egrang bathok, untuk menyerahkan egrang bathok
tersebut kepada pemain kedua. Begitu juga dengan pemain kedua, setelah
bergantian egrang dengan pemain pertama, pemain kedua melanjutkan untuk
menyerahkan egrang ke pemain ketiga. Setelah egrang diserahkan kepada pemain
ketiga, pemain ketiga atau pemain terakhir bertugas berlari secepat mungkin
dengan menggunakan egrangnya untuk mencapai garis finish.
e. Kelompok
yang tercepat sampai garis finish akan menjadi pemenangnya.
4. Siswa
mempraktekan atau melakukan permainan tradisonal yang sudah di jelaskan guru
yaitu permaianan “estafet egrang bathok” ( Elaborasi )
5. Siswa
menerima konfirmasi guru tentang pelaksanaan kegiatan atau jalannya permainan
estafet egrang bathok yang sudah dilakukan siswa ( Konfirmasi )
6. Siswa
menerima reward dalam kelompok ( Konfirmasi )
C.
Penutup
1. Siswa
dibimbing oleh guru untuk membuat kesimpulan tentang permainan estafet egrang
bathok yang telah dimainkan siswa.
2. Guru
memimpin berdoa.
3. Guru memberi salam
penutup.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar