Pengikut

Jumat, 17 Oktober 2014

Draf permainan Estafet Egrang Bathok


1.      
Nama Sekolah           : SD Negeri Adiluhur
Mata Pelajaran          : Penjasorkes
Materi Permainan     : Estafet Egrang Bathok
Kelas / Semester        : IV / 1
Alokasi Waktu           : 2 x 35 Menit


I.                   Langkah-langkah Pembelajaran

A.    Pendahuluan
1.      Guru mengucapkan salam.
2.      Guru memimpin berdoa
3.      Guru mempresensi siswa.
4.    Guru Memberikan apersepsi : “Siapa yang dirumah sering bermain ? permainan apa saja yang pernah kamu mainkan ? coba sebutkan macam-macam permainan yang kamu ketahui”.
5.  Guru memotivasi siswa dengan cara melakukan pemanasan terlebih dahulu. Misalnya berlari atau menggerakkan anggota tubuhnya terlebih dahulu.
6.      Siswa memperoleh tujuan pembelajaran yang hendak dicapai.

B.     Kegiatan Inti
1.      Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang permainan tradisional yaitu “estafet egrang bathok” ( Eksplorasi )
2.      Siswa aktif bertanya tentang tata cara permainan “estafet egrang bathok”
( Eksplorasi )
3.   Guru menjelaskan langkah-langkah untuk melakukan permainan “estafet egrang bathok” ( Elaborasi )
Langkah-langkah permainan Estafet Egrang Bathok :
a.       Siswa membentuk kelompok, setiap kelompok  bisa 2 atau 3 orang.
b. Setelah membentuk kelompok, siswa menempatkan posisi masing-masing.misalnya 1 kelompok terdiri dari 3 siswa, siswa pertama menempatkan posisi di garis start, siswa kedua menempatkan posisi kedua di depan pemain pertama dengan jarak 10 meter dan begitu juga dengan pemain ketiga yang sekaligus pemain terakhir, yaitu menempatkan posisi di depan pemain kedua dengan jarak 10 meter dan bertugas melanjutkan permainan ke garis finish.
c.       Permaiana dimulain ketika peluit dibunyikan.
d.      Permainan dimulai dari pemain pertama yang berada di garis start, lari menuju pemain kedua dengan menggunakan egrang bathok, untuk menyerahkan egrang bathok tersebut kepada pemain kedua. Begitu juga dengan pemain kedua, setelah bergantian egrang dengan pemain pertama, pemain kedua melanjutkan untuk menyerahkan egrang ke pemain ketiga. Setelah egrang diserahkan kepada pemain ketiga, pemain ketiga atau pemain terakhir bertugas berlari secepat mungkin dengan menggunakan egrangnya untuk mencapai garis finish.
e.       Kelompok yang tercepat sampai garis finish akan menjadi pemenangnya.
4.      Siswa mempraktekan atau melakukan permainan tradisonal yang sudah di jelaskan guru yaitu permaianan “estafet egrang bathok” ( Elaborasi )
5.  Siswa menerima konfirmasi guru tentang pelaksanaan kegiatan atau jalannya permainan estafet egrang bathok yang sudah dilakukan siswa ( Konfirmasi )
6.      Siswa menerima reward dalam kelompok ( Konfirmasi )

C.    Penutup
1.      Siswa dibimbing oleh guru untuk membuat kesimpulan tentang permainan estafet egrang bathok yang telah dimainkan siswa.
2.      Guru memimpin berdoa. 
3.   Guru memberi salam penutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar